Home > Regional

Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Surabaya Dusebut Gerakan Ekonomi UMKM Hingga Ojol

Model program makan bergizi gratis yang diujicobakan di Surabaya memiliki multiplier effect terhadap ekonomi masyarakat
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (kemeja kotak-kotak) meninjau uji coba program makan bergizi gratis di SDN Klampis Ngasem III, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/8/2024)
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka (kemeja kotak-kotak) meninjau uji coba program makan bergizi gratis di SDN Klampis Ngasem III, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/8/2024)

SEKITARSURABAYA.COM, SURABAYA -- Uji coba program makan bergizi gratis bagi anak sekolah yang digagas pasangan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diselenggarakan di SDN Klampis Ngasem III, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/8/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Emil Elestianto Dardak, hingga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Gibran mengatakan bahwa model program makan bergizi gratis yang diujicobakan di Surabaya memiliki multiplier effect terhadap ekonomi masyarakat. Ia bahkan menyebut, uji coba yang dilakukan di Surabaya menjadi salah satu yang terbaik sepanjang uji coba dilakukan.

"UMKM-nya dapet (keuntungan), anak-anaknya dapet, ojeknya dapet, jadi multiplier effect. Untuk yang di Surabaya ini hasil kemarin mengevaluasi uji coba yang dilakukan di Sentul, di Surakarta. Banyak sekali yang kita evaluasi dan di Surabaya ini menjadi salah satu yang terbaik, karena SOP-nya sudah berjalan," ujar Gibran.

Gibran mengaku banyak sekali menerima masukan dari para pengamat, orang tua, hingga netizen, terkait pelaksanaan program makan bergizi gratis. Ia pun tidak menutup kemungkinan model program makan bergizi gratis yang dijalankan di Surabaya akan diterapkan di kota-kota lainnya.

Di kesempatan yang sama, Khofifah mengatakan, program makan bergizi gratis memiliki multiplier effect yang sangat luar biasa bagi ekonomi di wilayah setempat. Mengingat makanan yang disajikan untuk program tersebut dibuat dengan memberdayakan UMKM setempat. Selain itu, pengiriman makanan dari dapur produksi menuju sekolah dilakukan dengan memberdayakan ojek online.

"Jadi kita bisa membayangkan kalau UKM-UKM bisa mendapatkan pesanan 100 box setiap hari, akan ada pertumbuhan ekonomi di lingkungan UKM. Kemudian proses pengantarannya dari dapur ke sekolah-sekolah melalui Gojek, itu artinya menjadi sumber income bagi driver ojol. Jadi multiplayer effect ekonomi yang akan tumbuh dari program ini luar biasa," kata Khofifah di sela acara.

Khofifah pun menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi terkait tantangan yang sangat serius menyambut Indonesia emas 2045 adalah SDM. Salah satu penopang untuk melahirkan SDM unggul adalah pemenuhan nutrisi bagi anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Program makan bergizi gratis ini memiliki multiplier effect secara ekonomi yang sangat bagus, dan memberikan impact bagaimana IPM kita dan nutrisi anak-anak bisa tersupport," ujarnya.

Khofifah berharap, model penerapan program makan bergizi gratis yang diujicobakan di Surabaya bisa direplikasi di daerah lainnnya. Yakni program makan bergizi gratis yang melibatkan banyak UMKM dan juga melibatkan driver ojek online.

"Mudah-mudahan akan menjadi titik awal untuk bisa direplikasi di banyak tempat. Tentu dengan format yang akan terus dievaluasi dan disesuaikan dengan kondisi setempat," ucapnya.

Khofifah pun meyakini, jika model makan bergizi gratis serupa diterapkan, selain akan menumbuhkan UMKM yang sudah ada, juga dapat menginisiasi tumbuhnya UMKM baru. Namun, kata dia, yang tidak boleh dilupakan adalah quality control dari makanan yang diproduksi UMKM tersebut.

"Tetap harus ada tim food security, harus memeriksa bagaimana higienitas dari dapurnya, harus dikontrol jangan sampai ada salah satu bahan yang sudah expired," kata dia.

× Image