Home > Politik

Maju Pilgub Jatim 2024, Risma Bakal Mundur dari Mensos

Risma bakal menemui Presiden Jokowi untuk mengajukan pengunduran diri
Tri Rismaharini setelah berziarah ke makam Sunan Bungkul di Surabaya
Tri Rismaharini setelah berziarah ke makam Sunan Bungkul di Surabaya

SEKITARSURABAYA.COM, SURABAYA -- Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini (Risma) mengaku bakal mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri Sosial RI, seiring keputusannya maju Pilgub Jatim 2024.

Risma mengaku bakal segera menemui Presiden Jokowi untuk mengajukan pengunduran diri. Risma berencana menghadap Presiden Jokowi pada Jumat (30/8/2024).

"Mundur (dari Mensos). Saya besok Insya Allah kalau bisa minta waktu Pak Presiden (Jokowi) untuk mengundurkan diri," kata Risma di Surabaya, Kamis (29/8/2024).

Meski tidak ada aturan dirinya harus mundur dari jabatan menteri ketika mendaftar Pilkada, Risma menegaskan tetap akan mengambil keputusan tersebut. Namun demikian, kata dia, keputusan boleh atau tidaknya mundur, itu merupakan kewenangan Presiden.

"Tapi emang di aturan tidak diatur, tapi saya akan mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya (Presiden Jokowi) saya diberikan mundur atau tidak," ujarnya.

Risma mengaku ia harus bertemu Jokowi untuk menyampaikan langsung niat pengunduran diri ini. Sebab, sebelum dia ditunjuk sebagai Mensos dulu, ia juga lebih dulu berjumpa dengan kepala negara.

"Tapi saya besok akan ngadep beliaunya karena dulu saya jadi menteri juga dipanggil, saya juga akan menghadap beliaunya untuk menyerahkan pengunduran diri saya," ucapnya.

Risma ditunjuk PDIP untuk maju pada kontestasi Pilgub Jatim 2024. Pada kontestasi tersebut, Risma akan berpasangan dengan Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) yang merupakan kader Partai Golkar.

× Image